Minggu, 15 Juni 2008

Liputan Peringatan Hari Susu SeDunia

Peringatan Hari Susu Sedunia tahun 2008 di Tenis Indor Senayan Jakarta Tanggal 1 juni 2008

Tema hari susu sedunia tahun 2008 ” Susu Alami Untuk Semua ”

Peringatan hari susu sedunia tahun ini ditandai dengan pembukaan Kejuaraan Bulutangkis Usia Dini Tetra Pak Open ke IV yang memperebutkan ”Milk Cup”. Diikuti oleh 1276 anak dari 24 propinsi yang terbagi dalam kategori anak-anak(<12 tahun) dan pemuda (<14 tahun) untuk kelas pertandingan tunggal putra/putri dan ganda putra/putri.

Susu sebagai bahan makanan yang bergizi tinggi sangat dibutuhkan untuk semua kelompok umur terutama anak-anak untuk meningkatkan pertumbuhan sehat secara fisik dan mental. Sedangkan untuk orang dewasa dan lansia susu penting untuk menjaga kesehatan tulang serta mencegah terjadinya kerapuhan tulang (osteoporosis).

Konsumsi susu di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara. Berdasarkan data tahun 2007, konsumsi susu di Indonesia 9 liter per kapita pertahun, sedangkan Malaysia dan Vietnam tercatat 25,4 liter dan 10,7 liter perkapita pertahun.

Menkes RI: ”Susu sangat bermanfaat bagi tubuh, oleh karena itu dibutuhkan oleh tubuh dari sejak bayi melalui pemberian ASI sampai umur 2 tahun, setelah umur 2 tahun hingga akhir hayat dengan minum susu dan asupan gizi seimbang menjadikan badan sehat, kuat dan tidak mudah sakit”.

Mentan RI : ” Sebagian besar bahan dasar industri susu di Indonesia masih impor. Kondisi ini kurang menguntungkan peternak sapi perah lokal. Melalui kampanye minum susu diharapkan dapat meningkatkan konsumsi susu nasional yang dapat mendorong meningkatnya produksi dan memperkuat industri susu lokal”.

Menpora RI : ” Melalui kegiatan Kejuaraan Nasional Bulutangkis Usia Dini Tetra Pak Open 2008 yang diselenggarakan bertepatan dengan hari susu sedunia kita akan dapat melihat potensi-potensi baru yang dapat diandalkan untuk mengharumkan nama bangsa di cabang bulutangkis ”.

Kampanye minum susu yang dimulai dengan Kejuaraan Nasional Bulutangkis Usia Dini Tetra Pak Open 2008 ini akan dilanjutkan dengan Pameran Susu dan Bulutangkis di Mall Taman Anggrek Jakarta, Lomba Karya Tulis dan Kreativitas Anak serta Seminar PKK Nasional.

Sumber: Subdit Bina Gizi Klinik

Tidak ada komentar: