Rabu, 24 Maret 2010

Ayo, Lengkapi Diri dan Keluarga dengan Asuransi Kesehatan

Kesehatan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan kita. Intensitas kedisiplinan kita dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selaras dengan besarnya peluang bagi kita untuk bisa beraktivitas dan berkarya secara maksimal.

Bagaimana dengan Anda? Apakah selama ini Anda sudah memperhatikan kesehatan tubuh sebagai faktor penting dalam menunjang keberhasilan? Saya percaya, tentu Anda menyadari bahwa kesehatan dan vitalitas tubuh merupakan modal penting untuk setiap aktivitas yang Anda geluti saat ini. Konon, salah satu cara untuk menjaga agar kesehatan tubuh tetap prima ialah mengombinasi antara program diet yang seimbang dengan aktivitas olahraga secara teratur.Faktanya,meskipun Anda sudah mengatur pola makan yang seimbang dan berolah raga secara teratur, semua itu tidaklah bisa menjamin bahwa Anda tidak akan membutuhkan perawatan kesehatan di sepanjang perjalanan hidup Anda ke depannya.

Terlebih lagi,ketika Anda tidak lagi berusia muda, perawatan kesehatan menjadi begitu dekat dengan keseharian Anda. Secara empiris, seiring dengan bertambahnya usia,kecenderungan terjadinya ragam penyakit semakin tinggi dalam hidup Anda.

Antisipasi Biaya Kesehatan dan Perawatan Sejak Dini

Risiko munculnya ragam penyakit dalam diri Anda sudah tentu berkaitan erat dengan kebutuhan pengeluaran keuangan yang bisa terjadi dalam jumlah yang besar. Bukan hanya diri Anda secara pribadi, pasangan dan anak-anak tercinta pun rentan terhadap munculnya ragam penyakit.

Dalam konteks inilah Anda tentu berkepentingan untuk memastikan bahwa Anda memiliki kemampuan yang cukup untuk membayar dan membiayai seluruh biaya perawatan kesehatan bila suatu saat nanti Anda dan keluarga sewaktu-waktu membutuhkannya. Kepastian terpenuhinya kebutuhan finansial untuk perawatan kesehatan Anda bisa terakomodasi secara maksimal manakala Anda sudah memperlengkapi diri dan keluarga dengan proteksi asuransi kesehatan.Polis asuransi kesehatan akan memberikan jaminan perlindungan terhadap pengeluaran tak terduga untuk perawatan kesehatan yang terus melambung dari waktu ke waktu bila Anda menderita sakit di kemudian hari.

Melalui polis asuransi kesehatan yang Anda miliki, pengeluaran yang muncul untuk biaya kesehatan dan perawatan kesehatan tidak sampai mengganggu atau menghabiskan tabungan dan dana yang sudah Anda sediakan untuk beragam keperluan penting lain, misalnya alokasi dana untuk biaya hidup Anda di hari tua nantinya. Seperti halnya program asuransi jiwa atau jenis asuransi lainnya, waktu terbaik untuk memiliki asuransi kesehatan adalah pada saat Anda masih berusia muda dan Anda dalam keadaan sehat.

Melalui skema asuransi kesehatan, Anda dan keluarga tercinta akan terlindungi dari ketidakpastian terhadap munculnya biaya kesehatan dan perawatan kesehatan yang mungkin Anda butuhkan di masa mendatang. Esensinya, asuransi kesehatan akan setia mendampingi Anda dan keluarga untuk menjadi penyelamat setiap saat (24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu).Kapan pun waktunya, bila Anda harus mendapatkan perawatan kesehatan di rumah sakit, polis asuransi kesehatan Anda akan langsung bekerja untuk menanggulangi sebagian besar biaya perawatan kesehatan yang Anda butuhkan.

Secara kategorial, selain produk asuransi kesehatan bersifat individual yang diterbitkan untuk kebutuhan orang per orang, beberapa perusahaan asuransi jiwa juga menerbitkan asuransi kesehatan yang bersifat kumpulan.Produk pertama, polis asuransi kesehatan individu bisa Anda miliki sebagai sebuah produk tunggal/ berdiri sendiri (stand alone) atau dalam bentuk manfaat tambahan (rider) dari polis asuransi jiwa yang sudah Anda miliki. Sebagai salah satu bagian penting dari perencanaan keuangan keluarga, proteksi yang diberikan oleh kedua kategori polis tersebut tidak berubah.

Melalui premi ekstra dalam polis Anda, misalnya, rider akan memberikan tambahan proteksi dengan biaya yang relatif murah. Anda dapat melekatkan riderpada program asuransi jiwa yang Anda miliki, misalnya pada produk asuransi jiwa Whole Life,Endownment, atau Unit Link.Umumnya,asuransi kesehatan tidak mengandung elemen tabungan dan tidak menghasilkan nilai tunai.Ketika Anda membeli asuransi kesehatan sebagai rider,misalnya,asuransi jiwa dasar bisa saja memiliki elemen tabungan dan atau nilai tunai.

Produk kedua, polis asuransi kesehatan kumpulan diperuntukkan bagi para karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan. Konkretnya, perusahaan akan memberikan tunjangan asuransi kesehatan kepada para karyawan. Dalam hal ini, perusahaan yang akan bertindak sebagai pemegang polis dan membayar premi untuk kebutuhan tersebut, sedangkan karyawan sebagai peserta yang didaftarkan dalam polis akan mendapatkan manfaat asuransi. Biaya premi polis asuransi kesehatan kumpulan untuk manfaat yang sama umumnya lebih murah ketimbang produk individual.

Sebagai karyawan,Anda bisa memilikinya melalui skema kepesertaan asuransi kesehatan pada program asuransi kumpulan dari perusahaan tempat Anda bekerja. Untuk memastikan sejauh mana kebutuhan asuransi kesehatan Anda dan produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda, segera hubungi agen asuransi Anda.

Semakin cepat Anda berkeputusan untuk memperlengkapi diri dan keluarga dengan polis asuransi kesehatan, semakin pasti langkah Anda untuk menatap hari depan yang lebih cerah bersama keluarga tercinta.(*)

sumber web seputar indonesia EDDY KA BERUTU Praktisi Asuransi dan Ketua Departemen Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan AAJI

Tidak ada komentar: