Kamis, 03 Maret 2011

Waspadai : Jajanan Anak Mengandung Kimia Berbahaya

JAKARTA – Jajanan yang beredar di pasaran ditengarai banyak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mengancam kesehatan anak. Karena itu, pemerintah akan memperketat pengawasan,terlebih pada jajanan anak sekolah.

Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kustantinah mengatakan, sekitar 44% jajanan yang beredar di pasaran diduga mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.Karena itu, BPOM bersama sektor terkait akan memperketat pengawasan terhadap jajanan anak sekolah.

“Badan POM tidak dapat berperan sendiri, diperlukan dukungan, kerja sama, dan kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan,“ ungkap Kustantinah seusai penandatanganan nota kesepakatan antara BPOM dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta penandatanganan surat keputusan bersama (SKB) antara Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Kesehatan, dan Kepala Badan POM di Kantor Kemenko Kesra, Jakarta, kemarin.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak Linda Amalia Sari mengatakan, peredaran makanan ilegal di Indonesia cenderung meningkat. Peredaran ini berpotensi menimbulkan risiko terhadap kesehatan masyarakat. ●andi setiawan 02 maret 2011 seputar-indonesia.com

Tidak ada komentar: