Senin, 19 April 2010

Duduk Terlalu Lama Mengundang Penyakit

Oleh : dr. Indiradewi Hestianingsih (team klikdokter.com)
Teknologi semakin maju dimana banyak penemuan dimaksudkan untuk mempermudah banyak orang menggunakannya, seperti ditemukannya remote TV, adanya telepon genggam, mesin fotocopy yang dikombinasi dengan mesin printer, fax dan scan sehingga tidak memerlukan banyak mesin dan tempat dan dapat dipergunakan secara personal
Dengan banyakya penemuan yang mempermudah orang, sehingga banyak orang menjadi kurang gerak. Banyak karyawan sekarang duduk terlalu lama berjam-jam dibelakang meja. Ada riset yang dipublikasikan oleh British Journal of Sports Medicine yang menyebutkan bahwa duduk dalam waktu lama dapat menggangu kesehatan, sekalipun Anda terhitung pribadi yang rajin berolahraga.
"Setelah 4 jam duduk, tubuh secara spontan mengirimkan signal tanda berbahaya," tukas Elin Ekblom-Bak. Peneliti asal Sekolah Olahraga dan Ilmu Kesehatan Swedia seperti dikutip Healthday.com . Beliau memimpin penelitian, mengatakan, “setiap orang mengetahui tentang keuntungan kesehatan yang bisa diperoleh dari olahraga secara teratur. Tetapi apa yang belum diperingatkan adalah periode waktu duduk yang lama dapat menyebabkan risiko ekstra yang tidak bisa ditangani atau dicegah hanya dengan berolahraga. Ada peningkatan jumlah studi yang memperlihatkan fakta tersebut.”

Tidak ada komentar: