Senin, 17 Mei 2010

Artikel dari Seputar Indonesia "Saatnya Anda Miliki Polis Asuransi Kesehatan"

Para pembaca Seputar Indonesia yang budiman, pada beberapa tulisan sebelumnya kita sudah membahas selukbeluk tentang asuransi kesehatan.

Pertanyaannya, apakah saat ini Anda sudah memiliki sebuah polis asuransi kesehatan? Tahukah Anda bahwa polis asuransi kesehatan akan memberikan perlindungan keuangan terhadap biaya kesehatan bila suatu waktu Anda terserang penyakit atau mengalami kecelakaan? Saya tentu berharap jawaban dari Anda bahwa Anda sudah memperlengkapi diri dan keluarga dengan polis asuransi jiwa. Meskipun demikian, saya mendengar banyak cerita dari orangorang yang saya temui bahwa mereka pernah berdiskusi tentang pentingnya polis asuransi kesehatan dan mereka pun berencana untuk membelinya.

Faktanya, antusiasme dan rencana baik tersebut belum pernah terwujud hingga saat ini.Beberapa alasan muncul di balik semua itu antara lain karena kesibukan, lupa, atau mereka menunda pembelian polis asuransi jiwa karena kebutuhan yang lain. Itu sebabnya,saya perlu mengajak Anda kembali agar bersungguhsungguh dalam menetapkan hati dan keputusan untuk segera membeli sebuah polis asuransi kesehatan bagi Anda dan keluarga. Ini lebih baik ketimbang semuanya menjadi terlambat di kemudian hari.

Urgensi Asuransi Kesehatan

Hakikatnya, asuransi kesehatan menjadi begitu penting untuk segera Anda miliki bersama keluarga tercinta. Mengapa demikian? Karena kondisi kesehatan yang prima bukan merupakan satu hal yang murah dan mudah untuk kita dapatkan saat ini. Kita tentu pernah mengalami gangguan kesehatan dan itu mengondisikan kita untuk berkonsultasi dengan dokter. Dalam hal ini, uang begitu mudah keluar dari kantong kita demi pulihnya kondisi kesehatan kita seperti sedia kala. Apa yang terjadi kalau suatu waktu Anda terkena penyakit berat, terlebih Anda terdiagnosa kritis sehingga Anda memerlukan perawatan yang intensif?

Bila Anda mengalkulasi seluruh biaya pengobatan, kunjungan dokter, biaya kamar rawat inap, biaya pemeriksaan darah, biaya kamar operasi, biaya dokter anestesi, dan biaya administratif lainnya, Anda bisa mengeluarkan dana jutaan, bahkan puluhan juta rupiah! Beban biaya yang cukup besar ini tidak akan membebani Anda bila sebelumnya Anda sudah memiliki polis asuransi kesehatan. Sebuah polis asuransi kesehatan akan memerintahkan kepada perusahaan asuransi jiwa untuk membayar seluruh kebutuhan biaya pengobatan Anda akibat gangguan kesehatan atau perawatan kesehatan Anda.

Yang tidak kalah pentingnya, manfaat polis asuransi kesehatan bisa membayar biaya besar bila Anda terdiagnosa penyakit yang memerlukan tindakan operasi besar dan perawatan penyakit kritis yang Anda alami. Bagaimana kita bisa mendapatkan sebuah polis asuransi kesehatan? Di satu sisi, negara menyediakan skema asuransi kesehatan untuk masyarakat Indonesia yang kurang mampu secara finansial.Di sisi lain,umumnya masyarakat bisa memperoleh polis asuransi kesehatan melalui perusahaan asuransi jiwa yang beroperasi di Indonesia. Salah satu cara untuk bisa memiliki asuransi kesehatan adalah melalui fasilitas yang diberikan oleh perusahaan tempat kita bekerja.Dalam hal ini,perusahaan mensponsori polis asuransi kumpulan kesehatan dari sebuah perusahaan asuransi jiwa untuk memberikan fasilitas asuransi kesehatan bagi para karyawan.

Berdasarkan data kuartal IV/2009 AAJI tercatat lebih dari 28.829.000 orang tertanggung yang terdaftar dalam kepesertaan asuransi kumpulan atau grup.Sebagian besar di antara mereka menjadi peserta asuransi kesehatan. Jumlah ini mengalami pertumbuhan sebesar 30% dari periode yang sama 2008. Sebagian dari kita mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan kumpulan tersebut dari kantor tempat kita bekerja.Perenungannya, bagaimana bila kita tidak menjadi peserta asuransi kesehatan dalam kepesertaan asuransi kumpulan tersebut? Atau,apa yang terjadi bila manfaat asuransi kesehatan yang diberikan oleh kantor dirasakan kurang memadai? Jika demikian, polis asuransi individu menjadi solusinya. Saat ini terdapat 8.122.000 orang dari masyarakat Indonesia yang terdaftar sebagai pemilik polis asuransi individu.

Sebagian di antaranya merupakan polis asuransi kesehatan atau asuransi jiwa yang mempunyai manfaat tambahan (riders) berupa asuransi kesehatan. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah memiliki skema asuransi kesehatan yang terakomodasi di perusahaan tempat Anda bekerja? Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh melalui fasilitas asuransi kesehatan dari perusahaan tempat Anda bekerja antara lain (1) Premi yang Anda bayar relatif lebih murah, bahkan mungkin gratis karena Anda disubsidi oleh perusahaan; (2) Proses seleksi risiko atau underwriting lebih sederhana sehingga hampir bisa dipastikan bahwa permohonan asuransi kesehatan Anda akan diterima oleh perusahaan asuransi jiwa. Bagaimana bila Anda membeli polis asuransi jiwa secara individual?


Melalui polis asuransi individu, Anda dapat merancang polis asuransi yang benar-benar sesuai kebutuhan dan anggaran Anda. Mengapa demikian? Karena polis asuransi individu merupakan polis yang dirancang berdasarkan kondisi dan profil Anda,khususnya dalam memenuhi kebutuhan Anda sebagai pribadi. Karena bersifat individual, Anda diminta untuk memberikan informasi dan data tentang riwayat kesehatan Anda sebagai dasar bagi perusahaan asuransi dalam mengevaluasi kebutuhan premi asuransi yang Anda butuhkan untuk setiap manfaat asuransi.

Keputusan Anda untuk membeli polis asuransi kesehatan sangat penting demi tetap kokohnya keamanan keuangan Anda dan keluarga. Anda jangan pernah menunda untuk memperlengkapi diri dan keluarga dengan polis asuransi kesehatan karena sesal kemudian tidak ada gunanya. Selamat berasuransi dan nikmati kebahagiaan bersama keluarga tercinta.(*) seputar-indonesia.com 17 mei 2010

EDDY KA BERUTU
Praktisi Asuransi dan Ketua Departemen Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)

Tidak ada komentar: