Selasa, 25 Oktober 2011

Yuk, Kenalkan Camilan Sehat Pada Si Kecil

detikfood - Anak usia balita suka sekali bereksplorasi mencicipi beragam makanan. Jangan lewatkan saat istimewa dalam fase pertumbuhannya. Perkenalkan dengan beragam camilan sehat. Biarkan si kecil berlatih mengenal makanan sehat sejak dini.

Menanggapi masa pertumbuhan si kecil yang pesat, Anda bisa mulai memperkenalkan dengan beragam makanan sehat. Selain berlatih makan segala jenis makanan, nutrisi penting yang ada dalam makanan bisa menopang tumbuh kembangnya. Semuanya bisa dibuat sendiri dan mudah!

Keju
Keju mengandung kalsium, vitamin D dan protein yang baik untuk meningkatkan energi hingga waktu makan. Carilah keju rendah garam dan buatlah potongan atau lelehan keju dan campur dengan aneka buah kegemarannya.

Selai kacang
Selai kacang memiliki banyak protein dan serat yang baik untuk pertumbuhan dan memelihara kesehatan usus. Campurkan selai kacang pada selembar roti gandum dan tambahkan dengan potongan buah yang mereka suka.

Sereal gandum
Gandum memiliki vitamin, kalsium dan serat. Buatkan semangkuk sereal gandum utuh dengan tambahan susu dan potongan buah segar untuk sarapan sehat si kecil.

Yoghurt
Yoghurt rendah lemak merupakan sumber kalsium yang baik untuk anak-anak. Campur yoghurt dengan potongan buah dan cetak dalam cetakan es loli lalu bekukan. Melihat warna dan bentuk es loli si kecil pasti langsung suka.

Telur
Sebutir telur menyediakan hampir sepertiga kebutuhan protein si kecil. Agar si kecil tak bosan, buatlah telur dalam gulungan dadar atau crepes dan tambahkan lelehan keju untuk menambah kalsium didalamnya. Bisa juga direbus dan dibentuk dengan cetakan khusus.

Ubi
Ubi meskipun sederhana kaya akan nutrisi. Memiliki kandungan vitamin A, B6, C dan folat yang baik untuk pertumbuhan otak dan bisa memelihara kesehatan si kecil. Haluskan ubi, tambahkan potongan buah serta keju serut.

Mi
Mi atau pasta merupakan sumber karbohidrat kompleks yang diperlukan anak untuk menambah energi saat bermain. Pilihlah pasta berbahan dasar gandum dengan campurlah aneka sayur untuk memenuhi kebutuhan protein dan seratnya. Jangan lupa, iris halus sayuran agar si kecil mudah menyantapnya.

Tidak ada komentar: