Sabtu, 26 November 2011

Pemerintah Incar Konsumsi Ikan 40 Kg/Kapita di 2014

Winda Veronica Silalahi - detikFinance Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong masyarakat Indonesia tingkatkan konsumsi ikan. Pada tahun 2014 nanti, pemerintah berharap konsumsi ikan mencapai 40 kg per kapita per tahun.

Menurut Menteri KKP Cicip Sutardjo, saat ini konsumsi ikan nasional tahun ini diperkirakan mencapai 30,48 kg per kapita per tahun, sedikit lebih rendah dari target yang ditetapkan 31,4 kg per kapita.

"KKP saat ini tengah melakukan berbagai upaya penguatan nilai tmabah dalam usaha perikanan melalui porgram industrialisasi perikanan bagi UKM. Poin utama dari prorgram ini adalah menciptakan nilai tambah," katanya di Festival Pindang Nusantara, Wisma Aldiron Pancoran, Jakarta, Sabtu (26/11/2011).

Tahun depan, target pemerintah untuk konsumsi ikan nasional dipatok sebanyak 32 kg per kapita per tahun. Sedikit lebih tinggi dari target tahun ini.

Demi mengejar target tersebut, pemerintah berencana membagikan 150 unit motor dan 20 mobil yang dilengkapi dengan kotak pendingin kepada sentra-sentra ikan di pulau Jawa.

"Sekarang kita akan industrialisasi melalui saling bekerjasama dengan nelayan dan budidaya ikan, untuk itu kita akan memberikan bantuan tersebut," ungkapnya.

Ia berharap, bantuan tersebut bisa membantu penyebaran ikan di pulau Jawa, karena di pulau-pulau lain di Indonesia, konsumsi ikannya sudah cukup tinggi. Alat pendingin tersebut mampu menjangkau daerah yang jauh dari laut dengan jarak tempuh sekitar 10-12 jam tanpa membuat ikan menjadi tidak segar. Jadi .... ayo makan ikan !!! detik com

Tidak ada komentar: