Selasa, 05 April 2011

Ikuti Jalan Kaki Semalam Suntuk Sabtu 9 April 2011

Jalan Kaki Semalam Suntuk untuk Mengenang Korban Kanker
Jakarta, Obesitas dan kurang gerak merupakan faktor risiko yang menyumbang 30 persen kasus kanker di seluruh dunia. Untuk mengingatkan bahaya kanker, Yayasan Kanker Indonesia menggelar aksi jalan kaki semalam suntuk dari jam 7 malam hingga jam 7 pagi (12 jam) dan pelepasan lampion pada 9-10 April 2011.

Aksi ini digelar sebagai perayaan hari ulang tahun ke-34 Yayasan Kanker Indonesia (YKI) yang sebenarnya jatuh pada tanggal 17 April 2011. Dengan mengambil tema 'Kami Bertindak!', acara ini digelar serentak di 2 kota yakni Jakarta dan Yogyakarta.

Peserta jalan kaki semalam suntuk ini tak lain adalah para survivor atau mantan penderita kanker yang berhasil sembuh, serta keluarga dari mantan penderita yang sudah meninggal. Tujuannya tak lain untuk mengenang betapa beratnya bertahan hidup saat menderita kanker.

"Bagi kami para survivor, jalan kaki semalam suntuk tidak ada apa-apanya dibandingkan perjuangan melawan ganasnya sel-sel kanker," ungkap ketua panitia 'Kami Bertindak!', Enny Hardjanto yang juga seorang survivor kanker payudara stadium 4, dalam jumpa pers di kantor YKI, Menteng, Jakarta, Selasa (5/4/2011).

Tak hanya berjalan kaki, para peserta juga akan menerbangkan ratusan lampion yang ditulisi nama-nama para pasien kanker yang sudah meninggal. Penerbangan lampion akan dilakukan pukul 20.00 diiringi lagu Lilin-lilin Kecil yang dipopulerkan oleh Chrisye, penyanyi yang juga meninggal karena kanker.

Bisa dibilang, penerbangan lampion ini merupakan acara penggalangan dana karena ada sumbangan dana sukarela untuk setiap lampion yang diterbangkan. Siapapun boleh menerbangkan lampion, terutama para keluarga yang ingin mengenang anggota keluarganya yang meninggal karena kanker.

Di Jakarta, acara akan dipusatkan di Lapangan Blok-S, Kebayoran Baru dengan target peserta sekitar 500 orang. Meski akan banyak dihadiri para survivor dan keluarga pasien kanker yang sudah meninggal, acara ini juga terbuka bagi masyarakat umum yang peduli akan bahaya kanker.

Acara jalan kaki semalam suntuk itu dengan rute mengitari Lapangan Blok-S akan dimulai Sabtu (9/4/2011) pukul 19.00 WIB dan berakhir Minggu (10/4/2011) pukul 07.00 WIB. Acara jalan kaki semalam suntuk juga akan dimeriahkan dengan pasar malam yang juga ditujukan untuk penggalangan dana.Bai yang ingin ikutan hub YKI 021 750 7447 atau 021 7690704
Tahun depan, diharapkan acara yang baru pertama kali ini digelar bisa diselenggarakan secara serentak di 26 cabang YKI di seluruh Indonesia. AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Tidak ada komentar: