Minggu, 29 April 2012

Artikel : Kunyah Kencur untuk Atasi Batuk Berdahak



Dalam kondisi musim penghujan seperti saat ini, batuk merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita orang. Meskipun banyak orang yang masih bisa beraktifitas, walau sedang batuk. Namun, penyakit yang satu ini cukup menganggu aktifitas kita dan bisa membuat tak nyaman lawan bicara atau orang di sekitar kita. Karenanya, penyakit ini patut segera di atasi jika menyerang Anda.

Ada dua jenis batuk; kering dah berdahak. Pada dasarnya kedua jenis batuk itu sama-sama bentuk reaksi tubuh ketika menghadapi sebuah keadaan yang berubah secara agak ekstrim, selain karena konsumsi makanan yang berminyak dan tidak sehat. Karenanya, sebagaimana flu, sebenarnya batuk tergolong penyakit yang masih bisa ditanggulangi oleh sistem imun tubuh. Karenanya, jangan terburu-buru meminum obat jika masih bisa ditanggulangi dengan istirahat.

Di samping istirahat, cara sederhana untuk mencegah atau pun mengobati batuk, khususnya yang khususnya yang berdahak, yakni dengan memanfaatkan bahan alami tradisional. Salah satu yang paling mujarab adalah kencur.

Caranya sederhana, Anda cukup mengunyah kencur yang sudah dicuci bersih. Rasanya mungkin agak aneh; getir. Tapi kencur ampuh mengobati batuk berdahak Anda. Lakukan itu dengan rutin, lalu lihat hasilnya beberapa hari ke depan. Secara alami, air liur akan membantu menghaluskan kencur. Dan air dari kencur akan ikut masuk ke dalam tenggorokan untuk melegakan tenggorokan Anda.

Cara lain penyajiannya yakni dengan mencampurinya asam Jawa dan garam, untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan. Ramuan alami tradisional ini, selian sederhana dan mudah, akan mencegah atau mengobati batuk berdahak Anda, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh Anda. [Restu-mizan)









Tidak ada komentar: