Sabtu, 19 Oktober 2013

Artikel " Bahayanya Gula"

KLIKDOKTER.COM -dr. Dewi Ema Anindia. Tentu kita semua sudah mengetahui bahayanya gula berlebihan , namun sampai seberapa bahaya-kah gula terhadap kesehatan kita?
Ternyata ada penelitian baru yang meneiliti efek dari gula terhadap tubuh mencit (tikus kecil) yang dapat membuka wawasan kita terhadap salah satu efek dari gula terutama efek dari minuman yang ditambahkan gula seperti minuman-minuman manis yang terdapat dalam kaleng atau botol.
Walau hanya dengan kadar gula yang sedikit saja ternyata gula dapat menimbulkan efek samping terhadap kesehatan kita seperti yang dilaporkan oleh para peneliti dari University of Utah di Amerika tahun 2013. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan diet makanan dengan menambahkan minuman yang mengandung gula tambahan sebanyak 25% yang pada mencit yang bila disamakan untuk manusia adalah diet makanan biasa ditambah dengan 3kaleng minuman yang mengandung gula tambahan untuk setiap hari.
Setelah melakukan penelitian didapatkan hasil bahwa mencit betina dapat mati 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan kelompok yang mendapatkan gula lebih sedikit. Lalu, pada mencit jantan ditemukan bahwa terjadi kelainan dalam masalah reproduksi, walaupun tidak terjadi perubahan pada tubuh mencit namun terjadi perubahan yang disebutkan diatas. Oleh karena hasil ini para peneliti berpendapat bahwa gula berbahaya terhadap binatang mamalia termasuk manusia.
Profesor Wayne Potts, yang memimpin penelitian ini mengatakan bahwa, hal ini mendemonstrasikan efek samping dari gula atau minuman dengan gula tambahan  terhadap manusia. Dalam penelitian ini telihat juga perubahan metabolik pada mencit yaitu peningkatan kadar kolestrol. Profesor Potts menambahkan bahwa efek dari gula ini terkadang belum akan terlihat dalam pemeriksaan laboratorium yang menyarankan kita untuk selalu berhati-hati dalam mengkonsumsi gula.
Walau penelitian ini hanya dilakukan terhadap mencit, namun tidak ada salahnya bila kita berhati-hati dalam mengkonsumsi gula dalam diet kita, cukuplah dengan membatasi konsumsi gula! Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: