Sabtu, 13 November 2010

Ayo ikutan Jalan Sehat mencegah Diabetes minggu 14 November

Diabetes di Indonesia, terutama di Ibu Kota, tidak bisa dipandang sebelah mata. Jakarta Diabetes Meeting (JDM) yang diselenggarakan setiap tahun dan pada tahun 2010 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-19, kali ini mengambil tema “Diabetes: Lipid and Vascular Risks”. JDM sendiri merupakan pertemuan tahunan yang membahas segala seluk-beluk tentang Diabetes Melitus (DM) yang paling bergengsi di Indonesia. JDM 2010 yang akan diselenggarakan di Jakarta tanggal 13-14 November 2010 direncanakan diikuti oleh 1500 dokter umum dan dokter spesialis. Masyarakat diminta untuk mewaspadai diabetes dan komplikasinya, terutama pada lemak tubuh serta jantung dan pembuluh darah dengan cara mengendalikan gula darah, memperbaiki profil lemak darah, berhenti merokok, melakukan aktivitas fisik (olah raga), menjaga berat badan dan mengatur pola makan.

Dr.dr.Dante Saksono Harbuwono, SpPD, Ketua Panitia JDM 2010 pada press conference hari ini, “JDM 2010 yang meliputi simposium, Perawatan kaki pada pasien diabetes, Perawatan lemak tubuh, Pameran serta Global Diabetes Walk and Fun Day merupakan yang ke-19 kali diselenggarakan dan kami berharap JDM 2010 dapat menjadi momen penting dan bermanfaat bagi para dokter di Indonesia’’.

JDM sendiri merupakan rangkaian acara yang terdiri dari Obesity Course, Diabetes Foot Course, Global Diabetes Walk and Fun Day, dan JDM itu sendiri. Obesity Course merupakan simposium dan workshop mengenai obesitas yang akan diikuti oleh sekitar 340 peserta yang terdiri dari mahasiswa kedokteran, dokter umum, dan dokter spesialis yang berlangsung pada tanggal 8 – 10 November 2010 yang akan membahas segala sesuatu mengenai obesitas dari anak sampai dewasa. Diabetes Foot Course merupakan simposium dan pelatihan kaki diabetes bagi perawat dan edukator diabetes yang akan berlangsung pada tanggal 9 – 13 November 2010. Global Diabetes Walk and Fun Day merupakan acara jalan bersama selama sekitar 30 menit yang didahului dengan senam Diabetes diikuti sekitar 5000 orang yang diselenggarakan pada tanggal 14 November 2010 dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia.

Tidak ada komentar: