Selasa, 16 Oktober 2012

Anugerah Alam: 5 Herbal Yang Sehat Dan Lezat



dd
Apa cara tercepat untuk membuat makanan yang Anda santap menjadi lebih sehat? Tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, tapi juga mengandung antioksidan untuk menghindarkan tubuh dari radikal bebas. Lima tanaman herbal ini mengandung semua zat yang diperlukan tubuh. Inilah kehebatan alam yang telah diberikan untuk kita, umat manusia, dan kita hanya tinggal menggunakannya saja.
Ini dia 5 tanaman herbal yang tidak hanya membuat makanan Anda lezat, tapi juga sehat.
Berikut lima tanaman herbal yang tidak hanya membuat makanan Anda lezat, tapi juga sehat.
Thyme
Tanaman yang satu ini sudah banyak dikenal di dunia pengobatan herbal. Thyme bisa digunakan untuk segala macam hal, mulai dari membunuh bakteri hingga menyembuhkan demam. Dua sendok makan dari herbal ini mampu untuk mencukupi kebutuhan zat besi Anda hingga 20 persen. Selain itu, thyme juga kaya akan mangan, sebuah mineral yang akan meningkatan fungsi otak, tulang yang kuat, dan membantu pembentukan kulit serta tulang rawan.
Parsley
Dua sendok makan parsley segar mampu memenuhi kebutuhan vitamin K harian Anda hingga 150 persen. Vitamin K penting untuk mencegah pembekuan darah, membentuk tulang yang kuat, dan meningkatkan fungsi hati. Kehebatan parsley belum berhenti di situ, karena tanaman ini mampu untuk menyegarkan napas Anda. Bahkan, orang Yunani kuno menggunakan parsley sebagai ramuan afrodisiak.
Oregano
Jika Anda hanya menggunakan satu jenis herbal untuk makanan Anda, pastikan itu adalah oregano. Herbal ini mengandung hampir 20 kali lipat antioksidan yang membantu mencegah kanker, jauh lebih banyak dari herbal ataupun buah-buahan yang ada. Menurut penelitian ilmuwan Amerika Serikat, satu sendok makan oregano memiliki kandungan antioksidan yang sama dengan sebuah apel. Sedangkan jika dihitung dari gram per gram, kandungan antioksidan dalam oregano dua kali lipat dibandingkan bluberi.
Rosemary
Siapa yang tidak menyukai ayam bakar, atau daging yang dipanggang? Sayangnya, makanan-makanan yang dimasak menggunakan api besar seperti ini akan menyebabkan terbentuknya heterocyclic amines (HCAs), yaitu sebuah unsur karsinogen yang terbentuk ketika daging dipanggang atau dibakar. Namun Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan herbal yang satu ini. Berdasarakan penelitian Iowa State University dan Kansas State University, memasak daging bakar atau panggang dengan rosemary akan menurunkan kadar HCAs antara 60 hingga 80 persen.
Serai
Sulit menemukan empat bahan makanan di atas? Tidak perlu khawatir, karena bumi Indonesia yang kaya telah menyediakan tanaman herbal ini yang mengandung berbagai manfaat baik bagi tubuh. Ya, dialah serai atau sereh yang memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari menyembuhkan demam, kram otot, hingga sakit kepala. Tanaman khas Asia Tenggara ini juga kaya akan antioksidan yang akan melindungi tubuh dari sakit jantung dan kanker. Penelitian yang ada juga menunjukkan bahwa serai mengandung zat antimikroba yang memerangi bakteri E. coli si penyebab diare. [Tika/Mizan.com, Diolah dari: MNN]

Tidak ada komentar: