Rabu, 17 Oktober 2012

Artikel : Tomat, buat mencegah stroke

 
Bisa dibilang buah, bisa juga dibilang sayur, yang jelas tomat adalah salah satu makanan yang bisa disajikan dalam berbagai menu. Tomat sering digunakan untuk sambal maupun lalapan. Tak hanya enak, kandungan antioksidan di dalamnya ternyata efektif melindungi otak dari stroke.

Sebuah penelitian menemukan bahwa likopen, antioksidan yang terkandung dalam tomat, ternyata efektif melindungi otak dari serangan stroke. Dalam penelitian ini, kadar likopen pada 1.000 orang pria Finlandia berusia 46 - 65 tahun diperiksa. Peneliti kemudian memantau para peserta selama rata-rata 12 tahun. Selama rentang waktu ini, sebanyak 67 pria terserang stroke.

Secara keseluruhan, temuan yang dimuat jurnal Neurology ini menegaskan bahwa pria yang memiliki kadar likopen tertinggi memiliki kemungkinan terserang stroke 55 persen lebih kecil dibandingkan pria dengan kadar likopen rendah. Uniknya, para peneliti tidak menemukan antioksidan lain seperti alpha-karoten, beta-karoten, tokoferol alpha dan retinol bisa mengurangi risiko stroke.

"Penelitian ini menambah bukti bahwa makan buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih rendah. Hasil penelitian ini mendukung rekomendasi bahwa memakan 5 porsi buah dan sayuran sehari akan sangat mengurangi jumlah kasus stroke di seluruh dunia," kata peneliti, Jouni Karppi dari University of Eastern Finland seprti dilansir HealthDay, Selasa (9/10/2012). detikhealth

Stroke terjadi ketika darah yang membeku dan menggumpal menyumbat aliran darah ke otak. Bisa juga disebabkan pecahnya pembuluh darah di otak. Penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa orang yang banyak memakan buah dan sayuran serta menghindari rokok akan sangat berkurang kemungkinannya mengalami stroke.

Dalam darah perokok, kadar likopen yang merupakan salah satu jenis antioksidan mengalami penurunan. Antioksidan ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mencegah pembentukan gumpalan darah.

Yang menarik, meningkatkan kadar likopen ternyata bukan hal yang sulit. Anggur merah, pepaya, semangka dan aprikot juga mengandung likopen. Namun yang paling banyak mengandung antioksidan ini adalah tomat.
 
 

Tidak ada komentar: